Sabtu, 13 September 2014

Cara Tune Up Mobil
    Bagi andai yang memiliki mobil dan anda ingin tau bagaimana sih cara Tune Up Mesin Mobil dari pada anda kehilangan uang anda untuk pergi ke bengkel. Disini anda dapat belajar bagaimana cara Tune Up Mobil anda sendiri itu pun jika anda mempunyai Alat Bengkel Sendiri, ha ha ha maaf saya hanya bercanda.

Inilah caranya Tune Up.
Siapkan Alat Yang Akan Digunakan Untuk Tune :
  • Fuller Gauge
  • Kunci Pas Ring Set
  • Obeng (-) dan Obeng (+)
  • Tachometer
  • Timing Light
  • Kompresion Tester
  • Multi Tester
  • Hidro Meter
Jika anda memiliki peralatan tersebut maka anda siap untuk melakukan Tune Up.
Lalu pahami bagaimana Prinsip Kerja Tune Up, Seperti bagian - bagian yang akan diperiksa dan yang akan di tune up.

Berikut yang akan akan diperiksa terlebih dahulu sebelum melakukan tune up :
  • Sistem Pendingin Seperti Radiator
  • Tali Kipas / Van Belt
  • Saringan Udara / Filter Udara
  • Batterai / Aki
  • Celah Katup / Klep
  • Oli Mesin
  • Busi / Spark Plug
  • Kabel Tegangan Tinggi
  • Distributor
  • Platina / Breaker Point
  • Governor Adventure
  • Tes Kompresi Mesin
  • Sudut Dwell
  • Sudut Pengapian
Sekarang perhatikan bagaimana cara tune up yang benar.
  
Memeriksa Sistem Pendingin
  • Periksa tinggi air pada Reservoir / Tangki cadangan air radiator, jika kurang tambahkan himgga batas pada reservoir dan jangan lupa periksa air pada radiator sudah berubah warna, menimbulkan karat, tercampur dengan oli / kotoran lain atau gantilah jika perlu.
  • Periksa Klem radiator masih bagus atau tidak dan periksa juga selangnya, jika terjadi kebocoran maka perbaiki jika sudah rusak ganti saja dengan yang baru
  • Periksa tutup radiator apakah pegasnya masih dapat berfungsi, dengan menggunakan Radiator Cup Tester jika rusak maka ganti dengan yang baru.
Memeriksa Tali Kipas / Van Belt
  • Periksa Tali Kipas / Van Belt dari kehausan dan ketegangan jika tidak layak maka ganti saja.
  • Periksa kelenturan Van Belt dengan tekanan 98N (10Kg) di tengah tengah Puli Pompa air dan Alternator.
  • Pastikan Van Belt Terpasang dengan benar.
Memeriksa Saringan Udara / Filter Udara
  • Buka dan bersihkan filter udara dengan kompresor agar bersih maksimal, Semprotkan dari bagian dalam.
  • Jika elemen filter rusah dan sulit dibersihkan maka ganti saja dengan yang baru.
Memeriksa Batterai / Aki (Accu)
  • Periksa Batterai dari kemungkinan penyangga berkarat, hubungan terminal longgar, terminal berkarat, jika tidak layak pakai maka ganti saja.
  • Periksa batas air aki, air aki yang normal maka harus berada pada antara batas atas dan batas bawah (Max dan Min).
  • Periksa Elektrolit dari setiap sell.
Memeriksa Celah Katup
  • Periksalah celah katup sesuai dengan urutan pengapian dan jumlah silinder pada kendaraan yang sedang kita tune up,jika ada celah katup yang tidak sesuai maka disetel sesuai dengan langkah langkah berikut.
  1. Siapkan kunci yang dibutuhkandan kain bersih.
  2. Lalu bukalah tutup kepala silinder.
  3. Putar puli poros engkol hingga Posisi TOP 1.
  4. Lalu setel klep silinder no 1 dan 2 (katup masuk dan buang) dengan menggunakan Fuller Gauge, standarisasi celah katup untuk katup masuk 0,2 dan katup keluar 0,3
  5. Kemudian putar poros engko 180derajat kemudian setel katub masuk dan buang yang bebas.
  6. jika selesai maka kembalikan alat pada tempatnya agar tidak hilang setelah digunakan.
Memeriksa Oli Mesin
  • Periksa oli kemungkinan oli berkurang karena penggunaan, tercampur dengan air, sudah berkurang tingkat pelumasannya.
  • Periksa Stik Oli oli harus berada di antara L dan F, Jika lenih rendah maka periksa jika ada kebocoran lalu tambah hingga berada antara L dan F.
Periksa Kabek Tegangan Tinggi
  • Lepaskan kabel dari tutup distributor.
  • Pada waktu melepas kabel busi, tariklah dengan memegang bagian ujung atau pembungkus kabel, jangan memegang bagian tengah kabel.
  • Periksa tahanan dengan menggunakan multi tester, tahanan kabel harus berkurang dari 25kg setiap kabelnya.
Distributor
  • Periksalah tutup distributor jika terjadi retak, kotoran lubang kabel busi, karbon pada bagian dalam tutup distributor apakah masih sisa atau sudah terkikis.
  • Memeriksa ( Mengukur ) Celah Platina.
  1. Periksalah keadaan platina dari karat, hangus karena terbakar, tidak rata, jika perlu ganti.
  2. Periksalah celah platina dengan langkah-langkah sebagai berikut. 
  • Putarlah puli poros engkol dan posisikan poros distributor pada salah satu sudutnya sampai celah pada platina terbuka penuh. Pakai fuller gauge untuk mengukur, Celah platina berukuran 0,4 standar..
  • Jika celah platina terlalu besar atau kecil, setel celah platina tersebut.
  • Jangan lupa memberikan sedikit oli sebagai pelumas, pada poros distributor yang bersentuhan dengan bagian platina.
Governor Adventure
  • Periksalah governour adventure dari kotoran, kekurangan pelumas, apakah pegasnya masih berfungsi atau tidak seperti seharusnya.
Vacuum Adventure
  • Periksalah vacum dari kemungkinan tersumbat, hisapan bocor, berkarat atau rusak.
  • Periksalah juga selang vakum jangan sampai selangnya kaku, terdapat sobekan atau tersumbat.
Mengetes Kompresi
  • Lepaskan kabel busi dari tempatnya satu persatu.
  • Masukan bagian bawah yang berderat dari alat tes kompresi ke dalam lubang busi, lalu putar dengan tangan sampai kencang.
  • Starter mesin sampai beberapa kali, dengan catatan pedal gas di tekan sampai penuh.
  • Lihat arah jarum pada tester berada pada angka berapa. Bila bagus dia menunjukan angka 11-12 BAR.
  • Tekan tombol pembuang gas, untuk mengembalikan posisi jarum jam ke angka nol.
  • Ulangi cara tersebut di atas untuk mengetes kompresi silinder yang lain.
Memeriksa Sudut Dwell
  • Periksa sudut dwell dengan tachometer.
  • Sudut pengapian harus tepat harusa sesuai dengan yang dianjurkan adalah  52o kurang lebih 2o.
Memeriksa Sudut Pengapian
  • Periksa sudut pengapian dengan m,enggunakan timing light.
  • Sudut pengapian harus tepat derajatnya dengan dengan mesin yang sedang kita tune up.  

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Pengikut